Senin, 15 Juli 2019

Ini Alasan Pentingnya Safety Riding bagi Pengendara Motor

Kilat Pelangi - Safety Riding, merupakan kewajiban yang harus dimiliki bagi Pengendara, khususnya sepeda MotorSafety Riding ini sangat penting bagi Pengendara Motor dikarenakan mereka berada di ruang publik.
"Jadi kalau ditanya penting enggak Safety Riding, ya, penting sekali. Sebab, Anda berada di ruang publik dan kita harus punya tanggung jawab," jelas Jusri Pulubuhu, selaku Training Director JDDC, saat ditemui pada Minggu (14/7) di Bintaro, Tangerang Selatan.
Mengendarai Motor di jalan raya bukan hanya bermodalkan keterampilan, tapi juga harus memiliki komponen-komponen keselamatan, seperti halnya ketertiban, pemahaman tentang berlalu lintas, dan kedisiplinan berlalu lintas.
Pengendara juga harus mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi, seperti misalnya kesalahan orang lain atau kondisi jalan yang tidak baik.
"Antisipasi terhadap kemungkinan ancaman, kesalahan orang lain, cuaca yang tidak diharapkan, itu harus diantisipasi," kata Jusri Pulubuhu.
Selain itu, sikap empati juga harus diterapkan pengguna sepeda Motor di jalan raya. Sikap ini sangat penting agar meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan ketika sedang berkendara.
"Elemen empati ini sangat penting ketika kita berada di jalan raya. Apa empati itu, yaitu semangat berbagi karena ini ruang publik. Kalo kita ada semangat berbagi, maka yang namanya kemacetan akan tidak ada, konflik fisik tidak ada, konflik verbal tidak ada," tambah Jusri.


Sumber : Akurat.co

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar