Senin, 15 Juli 2019

Jangan! Minum Kopi Sambil Merokok akan Kurangi Cita Rasa

Kilat Pelangi - Menikmati segelas kopi tanpa diselingi dengan Merokok menjadi sesuatu yang dirasa kurang bagi seorang perokok. Ibarat sayur tanpa garam, katanya. Namun, hal tersebut nyatanya menjadi sebuah kegiatan yang tidak pas untuk dilakukan bersamaan. Rugi.
Jika kamu meneguk segelas kopi sambil menghisap sebatang rokok, hal tersebut dapat membuat sensasi rasa dari kopi yang diminum jadi tidak terasa seluruhnya. Hal itu disampaikan oleh Barista Manual Brew Kedai Kopi Tanya, Ery Sutrisno, kepada AkuratKuliner di kawasan Utan Kayu, Jakarta Timur, baru-baru ini.
"Ini soal rasa dari kopi, ya. Indera perasa kan ada di mulut ketika mulut tertutup oleh nikotin, plak, TAR dan yang lain karena Merokok. Rasa dari sebuah kopi tidak akan keluar atau terasa dengan baik," ungkapnya.
Hal ini bukannya tanpa bukti atau kajian. Ery pernah mempraktikkan dua hal berbeda kepada beberapa orang; antara minum kopi sambil Merokok dengan minum kopi tanpa Merokok.
"Jadi ada pengalaman, antara orang yang tidak Merokok sama orang yang Merokok. Mereka dikasih satu gelas kopi yang sama. Orang yang minum kopi sambil Merokok hanya akan merasakan satu atau dua rasa. Untuk orang yang minum kopi sambil tidak Merokok bisa merasakan sampai lima rasa dari kopi tersebut," tambahnya.
Ery juga memberi tahu bahwa ketika kamu hendak meminum kopi, mulut orang tersebut harus netral dari rasa apapun.
"Makanya yang benar sebenarnya kalau ngopi itu tidak harus langsung diminum. Jadi harus kumur-kumur dahulu, harus menetralkan rasa-rasa yang ada di mulut terlebih dahulu untuk bisa benar-benar mencicipi sebuah kopi. Memang agak ribet tapi harus begitu kalau mencari rasa," tutupnya.[]

Sumber : Akurat.co 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar