Kamis, 08 Agustus 2019

Mitos atau Fakta! Minum Kopi Malam Hari Bikin Sulit Tidur

Kilat Pelangi - Pastinya Anda sering mendengar, minum secangkir Kopi tak disarakan ketika malam hari. Karena, disebut-sebut akan menganggu waktu Tidur Anda. Yup, minum Kopi pada malam hari selalu dikaitkan dengan sulit Tidur, karena akan menganggu Tidur nyenyak Anda.
Namun, itu hanya Mitos. Dilansir AkuratHealth dari The Independent, sebuah studi terbaru menunjukan bahwa minuman berkafein seperti Kopi atau teh yang dikonsumsi sebelum Tidur, tidak akan memengaruhi kualitas Tidur Anda. Riset ini dilakukan oleh peneliti dari Florida Atlantic University, dan Harvard Medical School.
Para peneliti menganalisa 785 orang, selama 5.164 hari untuk mengetahui berapa banyak KafeinAlkohol, dan Nikotinyang mereka konsumsi. Kemudian, tim membandingkan hasilnya dengan kualitas Tidur harian para peserta itu, mendeteksinya dengan sensor pergelangan tangan untuk mencatat durasi Tidur, efisiensi Tidur, dan seberapa cepat mereka terbangun setelah itu.
Dengan metode tersebut, studi ini menemukan, konsumsi Nikotin dan Alkohollah yang ternyata mengganggu kialitas Tidur mereka. Peserta yang merokok sebelum Tidur memiliki durasi Tidur 42 menit lebih cepat. Sedangkan yang mengonsumsi Kafein sebelum Tidur tidak menunjukan efek gangguan kualitas Tidurnya.
Dr. Christine Spadola dari Florida Atlantic University, mengatakan, hingga saat ini, relatif sedikit penelitian yang menyelidiki secara menyeluruh hubungan antara konsumsi KafeinNikotin, dan Alkohol pada malam hari, dan efeknya terhadap kualitas Tidur.
"Studi ini merupakan salah satu pemeriksaan longitudinal terbesar dari asosiasi penggunaan AlkoholKafein, dan Nikotinmalam hari, dengan hasil Tidur yang diukur secara objektif. Kami menemukan konsumsi Nikotin dan Alkohol empat jam sebelum Tidur dapat berefek buruk pada kualitas Tidur," kata Christine.
"Tapi, kami tidak menemukan adanya hubungan antara konsumsi Kafein dalam waktu empat jam sebelum Tidur dengan parameter Tidur apapun," lanjut Christine.
Pakar Tidur, Dr. Neil Stanley, juga mendukung temuan dari penelitian ini. Disimpulkannya, minum Kopi sebelum Tidurmembuat kita tetap terjaga pada malam hari adalah Mitos.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar