Kamis, 16 Mei 2019

Mitos! Susu Tidak Bikin Gemuk

Kilat Pelangi - Banyak yang mengira bahwa minum susu membuat badan gemuk. Informasi yang beredar di tengah masyarakat sering menimbulkan kesalahpahaman bahwa susu mengandung lemak yang tinggi sehingga membuat gemuk. Padahal, tidak seperti itu.  
Spesialis Gizi Klinis, dr. Diana F. Suganda, M. Kes, Sp. GK, menjelaskan, susu mengandung makro nutrisi yang baik dibutuhkan tubuh yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Sementara, kandungan mikro nutrisi seperti kalsium, potasiun dan magnesium juga ada di dalamnya. Jumlah nutrisi tersebut berdampak sangat baik bagi tubuh kita. 
Jadi susu bisa bikin gemuk, mitos atau fakta?.

Sebenarnya itu, mitos. dr. Diana menegaskan, asupan makanan yang biasa kita makan pun kalau tidak diperhatikan juga berdampak pada berat badan. Apalagi, jika tidak memperhatikan asupan kalori itu sama saja. 
"Total kalori yang berlebihan dari kebutuhan pasti akan gemuk. Dimana, tubuh kita membutuhkan 1.500 kalori per-harinya," katanya saat ditemui AkuratHealth, di acara FFI MilkVerstation di FX Sudirman, Rabu, (15/5). 

Menurut survey penelitian tahun 2004 terhadap orang obestias, membuktikan bahwa terdapat dua kelompok obestias yang dibagi dengan mengonsumi asupan kalori yang tinggi dan kalori yang rendah, tapi dibarengi dengan minum susu.  

Lebih lanjut dr. Diana, mengungkapan, hasilnya membuktikan bahwa orang obesitas yang mengonsumsi rendah kalori kehilangan berat badan, lemak tubuh, lemak abdominal secara siginifikan dibandingan dengan orang obesitas yang mengonsumi tinggi kalori.  
Jadi intinya, semuanya bisa diatur dan tidak berlebihan.

"Yang perlu diingat, manfaat baik susu akan terasa maksimal jika dikombinasikan dengan variasi asupan makanan lainnya,  serta didukung aktivitas fisik dan berolahraga," pungkasnya.


 Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar