Selasa, 29 Oktober 2019

6 Tanda Jika Tubuhmu Terlalu Panas

Kilat Pelangi - Merasa terlalu lelah di bawah sinar matahari dan malas beraktivitas saat cuaca terlalu panas? Hal itu wajar untuk dirasakan karena kebanyakan dari kita memiliki tingkat suhu tubuh yang aman pada suhu 37 °C. Bila terlampaui dapat menyebabkan tubuhmu terlalu panas atau overheating.
Tubuh yang sehat dapat mengatur sendiri suhu tubuh dan mencegah timbulnya penyakit panas seperti intoleransi panas. Tubuh seseorang selalu bereaksi terhadap suhu eksternal dan internal, membuat suhu tubuh naik ketika suhu eksternal dan internal meningkat. 
Setelah aktivitas fisik yang intens, pada hari yang panas, biasanya seseorang akan memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi dari normal. Namun, ketika suhu tubuh naik di atas 38ºC atau lebih, itu berarti tubuh Kamu terlalu panas.
Cuaca di luar yang begitu panas, aktivitas fisik intens, penyakit yang menyebabkan demam, dan obat-obatan tertentu semua dapat menyebabkan suhu tubuh yang tinggi. Ketika tubuh terlalu panas, itu dapat menyebabkanmu pingsan atau hal lain yang lebih parah yang tak diinginkan.
Terlalu panas berbahaya bagi tubuh setiap orang karena merupakan awal dari masalah lain yang disebabkan oleh sinar matahari, seperti dehidrasi yang dapat mempengaruhi kesehatan jantung, merusak jaringan halusmu, mempengaruhi sel-sel saraf di otak.
Karena itu, Kamu perlu mendeteksi tanda-tanda dan gejala overheating tubuh, karena dapat membantu menghindari hasil yang parah. Berikut ini adalah gejala overheating tubuh yang harus Kamu perhatikan yang AkuratHealth lansir dari Boldsky.
Kulit kesemutan 
Menurut sebuah penelitian, salah satu gejala awal dari overheating tubuh termasuk sensasi kesemutan pada kulit dan bulu merinding. Jika Kamu merasakan tanda-tanda ini saat berada di bawah sinar matahari atau saat melakukan aktivitas fisik yang berat, pergilah ke dalam ruangan sebelum gejalanya meningkat.
Sakit kepala 
Tanda umum dari overheating adalah sakit kepala yang disebabkan terlalu panasnya tubuh. Ini merupakan indikasi bahwa tubuh sangat membutuhkan pendinginan segera.
Mual
Salah satu tanda paling umum bahwa Kamu mengalami kelelahan akibat panas adalah mual. Jika mual disertai muntah, segera dapatkan bantuan medis.
Kelelahan dan lemas
Ketika tubuh mulai kepanasan, tingkat energi seseorang akan sangat rendah sehingga menjadi lelah dan tubuh menjadi lemah. Hal ini juga dapat menyebabkan perasaan bingung, gelisah, dan cemas.
Perubahan detak jantung 
Salah satu indikasi serius dari tubuh yang terlalu panas adalah perubahan detak jantung. Itu bisa memperlambat atau mempercepat dengan cepat. Jika detak jantungmu melambat, tubuhmu kepanasan karena kelelahan panas dan yang lainnya menunjukkan kamu mengalami overheating.
Tidak berkeringat atau bertambah banyak berkeringat
Ketika tubuh mulai berkeringat deras saat terkena panas, sekarang saatnya untuk pergi berlindung menjauhi sinar matahari yang terik. Namun, bentuk keringat yang parah adalah ketika Kamu tidak berkeringat sama sekali.
Hal ini disebut anhidrosis dan secara efektif mematikan kemampuan tubuh untuk mendinginkan dirinya sendiri, tanpa menghasilkan keringat. Perhatian medis diperlukan dalam kasus ini.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar